Hmmm,, Assalamualaikum,,,, :)
kali ini kita akan belajar tentang cara etika bertelepon nih guys,, hehe,,
Bertelepon pasti nggak asing kan ditelinga kita ?? pastinya tidak dong bahkan hampir setiap hari, setiap minggu pasti kita bertelepon kan guys,, pas banget nih guys kita pelajari sekarang yuk :)
Bagaimana etiket bertelepon ? Ketika kita menggunakan pesawat teleponkita memang tidak berhadapan dengan orang yang kita ajak bicara, tetapi kita etiket bertelepon juga tidak boleh diabaikan. Adapun hal-hal penting yang harus kita perhatikan dan dilaksanakan, sehubungan dengan etiket bertelepon adalah sebagai berikut :
1. Jangan biarkan telepon berdering terlalu lama, maksimal tiga kali berdering, segeralah telepon diangkat dan jawablah dengan sopan.
2. Jangan memulai dengan kata "Hallo" tetapi langsung menyebutkan nama organisasi atau perusahaan tempat kita bekerja.
3. Jangan menggunakan pesawat telepon ditempat kerja untuk kepentingan pribadi atau terlalu lama berbicara dngan si penelpon. Sekretaris umumnya wanita sering tergoda dengan "Ngerumpi". Dalam hal ini kita bisa mampu menempatkan diri kita sebagai petugas kantor. Sebaiknya hindvari untuk ngergumpi di tempat kerja.
4. Berusahalah mendengarkan lawan bicara kita, jangan melamun atau bersikap tidak setuju pada pembicaraan. Kadang- kadang kita meminta penelpon agar mengulangi pembicaraan dengan ungkapan "apa, bisa diulang ?"Sungguh hal itu tidak sopan bila kita mengungkapkan hal dfemikian. Oleh karena itu, konsenttrasikan pikiran sejenak pada pembicaraan tersebut.
5. Janagan mengungkapkan kata-kata yang menyinggung persasaan, sebaiknya bicaralah dengan sikap yang menyenangkan.
6. Berusahalah untuk menanggapi maksud pembicaraan dengan cepat dan memberi kesan bahwa orang yang kita ajak bicara diperhatikan layaknya kita berhadapan langsung dengannya.
7. Berbicaralah dengan tempo yang sedang, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat. Bila kita berbicara terlalu cvepat, orang yang berkomunikasi dengan kita sering tidak memahami isi pembicaraan kita. Tetapi bila kita berbicara terlalu lambat, orang akan cepat bosan karena harus menunggu terlalu lama maksud pembicaraan kita. Namu juga jangan berbicara terlalu keras dan perhatikan volume suara, ucapkan dengan kata yang jelas, lancar, dan kecepatan yang normal.
8. Apabila kita menelpon, kita harus siap menyebut nama dan jabatan orang yang akan dituju, disamping pokok pembicaraannya.
9. Apabila kita menelpon seseorang, kita dapat menanyakan apakah saat ini memang waktu yang tepat untuk berbicara. Barangkali saat ini orag yang kita tuju sedang sibuk, sehingga kita terpaksa mengganggu disela-sela kesibukannya.
10.Jangan menganggap bahwa panggilan telepon merupakan gangguan pekerjaan. Bicaralah seperlunua sesuai dengan maksud pembicaraan, dan jangan bicara di telepon sambil makan atau berdecak.
11. Catat poin-poin pesan yangdisampaikan.
12. Mintalah nomor teleponnya, sekaligus minta maaf jik kita membuat kesalahan sewaktu pembicaraan telepon.
13. Mengakhiri pembicaraan dengan tepat. Jangan lupa mengucapakan kata "terimakaish" (thank you) dan "kembali" (you are welcome), dan mengucapkan salam "selamat pagi" atau "selamat siang " ketika mengakhiri pembicaraan.
14. Meletakkan gagang telepon denga pelan.
Hal- hal yang harus dihindari sekretaris dalam berkomunikasi melalui telepon :
a. Memakai bahasa informal
b. Berbicara dengan orang lain selagi berbicaradi telepon
c. Berbicara sambilmakan sesuatu atau mengunyah permen
d. Berbicara terlalu banyak basa basi
e. Berbicara dengan nada kasar atau membentak
f. Berbicara dengn nada memerintah
g. Penelpon dibiarkan menunggu terlalu lama, tanpa penjelasan, hanya bunyi musik yang diperdenganrkan
h. Penelpon ditransfer berkali- kali atau ditransfer ke alamat yang salah
i. Nada dan intonasi terkesan malas atau tak ramah.
Terimakasih, Semoga bermanfaat,, :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar